Sabtu, 21 Juli 2012

Beri Kesempatan Manggung Untuk Pemain Muda

Beri Kesempatan Manggung Untuk Pemain Muda
Sebagai pelatih Persib U21, Mustika Hadi merasa telah mempersiapkan pemain-pemain muda yang diyakini mumpuni untuk memperkuat Persib senior. Mustika pun menyatakan kemampuan Maung Ngora ini tidak kalah dari pemain senior yang ada di Persib.
Di mata mustika, pemain Persib U21 adalah hasil pembinaan terbaik. Namun hal itu akan sia-sia dan tak ada artinya jika hasil binaan tersebut hanya menjadi pelengkap di tim Persib.
“Kalau saya menilai, kemampuan senior yang ada saat ini tidak lebih baik daripada pemain-pemain U-21 yang juara kemarin. Kenapa? Karena kalau dari segi pengalaman, ok mereka lebih. Kebugaran mungkin U-21 lebih baik. Fanatisme juga U-21 lebih bagus,” ujar Mustika.
Mustika meminta kepada Persib untuk lebih menghargai pemain-pemain muda hasil binaan sendiri. Menurutnya, para pemain itu sudah memperlihatkan prestasi kemampuannya sehingga tidak pelu diragukan lagi.
Karena pada saat pemain muda mendapat kesempatan, mereka mampu menjawab tantangan dari pelatih. Mustika mencontohkan pemain gelandang Dias Angga Putra. Di klub Persisam Samarinda, ketika diberi kesempatan main, Dias mampu diandalkan sehingga menjadi langganan starter.
“Seperti Dias. Bagaimana Dias bermain di Samarinda ya kan? Belum pemain-pemain lain. Itu suatu kerugian bagi Persib melepas itu,” tegas Mustika.
Atau ketika pelatih Persib Robby Darwis menurunkan 7 pemain muda saat melawan Persiram Raja Ampat. Pemain muda bisa menunjukkan performa terbaik dan bahkan mampu memenangi pertandingan.
Mustika masih memiliki beberapa nama mantan pemain Persib U21 yang dinilainya sudah layak hijrah ke tim senior. Diantaranya adalah Ruddi Geovani dan Yan Harjito.
“Mereka sudah harus manggung di Persib senior sekarang ini. Tapi itu tadi, apakah dihargai, apakah disamakan dengan pemain-pemain yang dikontrak mahal. Buat apa saya memberikan kualitas seperti ini, pemain muda yang berkualitas kalau hanya sebagai pelengkap. Mereka akan mengalami penurunan nanti,” papar mantan pemain Persib ini.
Namun jika di Persib tidak ada jam main untuk para pemain muda, Mustika menyarankan mereka mencari pengalaman di klub lain.
“Kalau Persib saat ini sudah bukan menjadi tujuan utama kalian, kalau kalian ingin mematangkan prestasi, silahkan keluar dulu. Maksud saya, proses pengalaman tanding itu lebih penting daripada jumlah nilai kontrak,” tegas Mustika.

0 komentar:

Poskan Komentar